Bagusan mana mesin 250cc, 1 silinder atau 2 silinder? April 30, 2014
Posted by orong-orong in tips.Tags: bagus mana mesin 1 silinder / 2 silinder, kekurangan mesin 1 silinder, kekurangan mesin 2 silinder, kelebihan mesin 1 silinder, kelebihan mesin 2 silinder, pilih mana 1 silinder atau 2 silinder
trackback
OrongOrong.com
Info ; Pabrikan motor di Indonesia saat ini berlomba untuk mendapatkan pasarnya sendiri dengan memproduksi berbagai macam jenis varian motor. Untuk kelas 250 cc misalnya, meskipun mengusung kapasitas mesin yang sama besarnya, mesin yang digunakan memiliki karakter berbeda. Ada yang 1 silinder dan ada yang 2 silinder.
Ada yang bilang mesin 2 silinder lebih bagus dan canggih, sedangkan mesin satu silinder sudah ketinggalan zaman. Demikian pula sebaliknya, dan lain sebagainya. Sebenarnya apa sih kelebihan dan kekurangan kedua tipe mesin tersebut? Mana yang lebih baik?
PERFORMA
Perbedaan yang utama dibahas adalah masalah performa mesin seperti kecepatan dan torsi. Sepeda motor yang menggunakan silinder tunggal jelas tertinggal oleh sepeda motor yang menggunakan 2 silinder dalam masalah top speed.
Jakarta – Sepeda motor yang menggunakan silinder tunggal hanya unggul di putaran bawah sampai menengah karena langkahnya panjang. Sehingga memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan 2 silinder.
Sedangkan untuk top speed, motor yang menggunakan 2 silinder cenderung lebih unggul dari silinder tunggal. Lantaran langkahnya lebih pendek dan putaran mesinnya bisa lebih tinggi, tenaga yang bisa diraih pun lebih besar.
“Motor dengan 1 silinder pada rpm tinggi sudah mulai bergetar dan tidak stabil beda dengan 2 silinder yang minim getaran di rpm tinggi sehingga motor akan tetap stabil,” ungkap Nurwanto, salah satu mekanik Kawasaki, PT. Jakaindo Sarana Utama, Jl. KH Hasyim Ashari No.88, Pinang, Ciledug, Tengerang.
KONSUMSI BAHAN BAKAR
Bahan bakar identik dengan kecepatan, semakin cepat kendaraan tersebut maka semakin banyak bahan bakar yang digunakan. Silinder tunggal lebih irit daripada 2 silinder karena untuk mendapatkan tenaga yang sama mesin dua silinder butuh rpm yang lebih tinggi, sehingga memakan lebih banyak bahan bakar.
“Dua silinder blok mesin lebih kecil, klep juga lebih kecil, ” jelas Bangky pemilik bengkel khusus CBR, Bangky Motor Sport, Jl. Juanda No.9, Depok.
PERAWATAN
Motor 1 silinder adalah motor yang sederhana. Dengan satu silinder, mesin ini memiliki kinerja yang lebih sederhana dan lebih mudah dirawat. Mekanik hanya perlu menangani satu piston, 4 klep, dan onderdil lainnya yang tidak memiliki susunan rumit.
Keberadaan 2 silinder membuat proses perawatan mesin lebih rumit karena mekanik berhadapan dengan banyak komponen mesin daripada mesin 1 silinder. Mesin 2 silinder yang memiliki 2 piston, 8 klep, 2 seher, dan lain-lain. Keberadaan komponen mesin yang lebih banyak, khususnya piston dan klep, membuat agak sedikit kerepotan dalam hal perawatan.
“Biaya untuk servis rutin lebih mahal 2 silinder karena komponennya yang lebih banyak dari 1 silinder,untuk jangka service relatif, tergantung pemakaian.” ungkap Tugimin, Development service Kawasaki, PT. Jakaindo Sarana Utama, Jl. KH. Hasyim Ashari No.88, Pinang, Ciledug.
Masing-masing memiliki karakteristik yang unik dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
itulah kelebihan dan kekurangannya
sumber ; di sini
salam kebo putih
2 lebih baik
KB po?
Kalo cuma satu monoton
monochrome
Sek tak moco artikele disik om
e iki mau mbahas motor ta, tak kiro mbahas bojo
wow malahan
Jelas keduanya punya kelebihan n kekurangan masing2.tinggal disesuaikan saja dg kebutuhan dan medan yg sering di lalui,seperti juga sohc dan dohc.tidak ada yg lebih baik dan lebih buruk.bijaklah dalam memilih karna 5 menit anda memilih menentukan 5 tahun kedepan
memilihpun tidaklah 5 menit tapi lebih
Selera kang, tapi klo suara sih yg 2 silinder lebih keren.
Nitip, Kawasaki W650, Classic, Keren, dan Menarik.
https://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/30/kawasaki-w650-classic-keren-dan-menarik/
apalagi 4 lebih wow
4 silinder zwwiing zwiing.. keren.
2 tak trentengteng teeeeeeeeeeeeeeeeeng
wow monggo dpilih sesuai SELERAnya
dan dompetnya
Menurut CpWP, satu silinder irit dan bobotnya tdk terlalu berat enak buat harian. Dua silinder biasanya main RPM tinggi dan kalau buat harian suka overheat mesin dan panas ke selangkangan..
Kalo urusan suara sih enak 4 silinder yg zing zinggggg…..imho 🙂
http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/30/launching-kawasaki-ninja-rr-mono-di-bandung-beyond-generation/
cocok
Dilihat saja ntar 😀
Pingin nonton motoGP gratisan?
—–
http://nyobamoto.com/2014/04/30/press-release_ahm-siap-berangkatkan-360-pembeli-motor-sport-honda-ke-motogp/
mari kita lihat mesinnya
mono asik
http://monkeymotoblog.com/2014/04/29/jajal-superbike-itu-menegangkan-tapi-menyenangkan/
irit
prefer sing ndi mas?
malah balik nama eh nanya. ya jelas 2 lah karena sudah punya yang 1
kalo yang satu dijual bisa dapet dua atau tiga lho, :p bebek kwek kwek
kalo yang satu dijual bisa dapet dua atau tiga lho, :p bebek kwek kwek
kebo dijual dapet embit anyar
astrea grand 3 :p
woh manak 3
berpasangan lebih baik daripada jomblo
hiks, kasihan yang jomblo
jomblo lebih “hemat” tapi berpasangan lebih “nikmat” 😀
woh pengalaman ki
berpasangan lebih baik daripada jomblo gan
2silinder aja,suaranya itu,hihihi 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/30/wow-ini-dia-spyshoot-fairing-r25-dari-samping-jelas-juga-akhirnya/
bletak duor
dua donkk…… kalo harga sama… kecuali 1 cylinder cukup 30 jutaan aja
http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/30/yamaha-r25-tertangkap-kamera-depan-belakang-dan-samping-akurapopo/
cerdas
dua donkk…… kalo harga sama… kecuali 1 cylinder cukup 30 jutaan aja
http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/30/yamaha-r25-tertangkap-kamera-depan-belakang-dan-samping-akurapopo/
2 cylinder aja wong harga sama.. kecuali yang satu cuman 30an.. dahhhhhhh wkwkwk
http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/30/yamaha-r25-tertangkap-kamera-depan-belakang-dan-samping-akurapopo/
Dua2 nya bagus… pilih yang sreg dihati aja…
sesuai kantong
mau nyoba yg 2
silahkan kang, nanti ditunggu rasanya
yang bagus ya dua silinder menurut saya, walo ga kebeli sekarang, hehe
yo ndang beli lek
bagus 2 silinder.
tapi kalau style ridding saya cenderung ke 1 silinder
siiiiiiiiiiiip tinggal pilih saja
enakan 1 silinder lebih murah 😀
siiiiiiiip mending R15 daripada R25
Jiahh.. Suzuki Smash Titan akhirnya pake ban Michelin juga..
http://motobikerz.com/archives/3976
ane masih awam kalau soal motor ,nyimak aja sob 😀
kalau untuk kendaraan operasional single silinder long stroke lebih masuk akal, perawatan murah rpm bawah udah nendang
ya . . . 72 x 62,5 udah cukup lah ( lirik sigambot )
keep brotherhood,
salam,