jump to navigation

Bagusan mana mesin 250cc, 1 silinder atau 2 silinder? April 30, 2014

Posted by orong-orong in tips.
Tags: , , , , ,
trackback

satu-dan-dua-silinder

OrongOrong.com

Info ; Pabrikan motor di Indonesia saat ini berlomba untuk mendapatkan pasarnya sendiri dengan memproduksi berbagai macam jenis varian motor. Untuk kelas 250 cc misalnya, meskipun mengusung kapasitas mesin yang sama besarnya, mesin yang digunakan memiliki karakter berbeda. Ada yang 1 silinder dan ada yang 2 silinder.



Ada yang bilang mesin 2 silinder lebih bagus dan canggih, sedangkan mesin satu silinder sudah ketinggalan zaman. Demikian pula sebaliknya, dan lain sebagainya. Sebenarnya apa sih kelebihan dan kekurangan kedua tipe mesin tersebut? Mana yang lebih baik?

PERFORMA
Perbedaan yang utama dibahas adalah masalah performa mesin seperti kecepatan dan torsi. Sepeda motor yang menggunakan silinder tunggal jelas tertinggal oleh sepeda motor yang menggunakan 2 silinder dalam masalah top speed.

satu-dan-dua-silinder1

Mesin 1 silinder perawatan lebih murah karena komponen lebih sedikit

Jakarta – Sepeda motor yang menggunakan silinder tunggal hanya unggul di putaran bawah sampai menengah karena langkahnya panjang. Sehingga memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan 2 silinder. 

Sedangkan untuk top speed, motor yang menggunakan 2 silinder cenderung lebih unggul dari silinder tunggal. Lantaran langkahnya lebih pendek dan putaran mesinnya bisa lebih tinggi, tenaga yang bisa diraih pun lebih besar.

satu-dan-dua-silinder2

 

Mesin dua silinder putarannya bisa lebih tinggi karena langkahnya lebih pendek

“Motor dengan 1 silinder pada rpm tinggi sudah mulai bergetar dan tidak stabil beda dengan 2 silinder yang minim getaran di rpm tinggi sehingga motor akan tetap stabil,” ungkap Nurwanto, salah satu mekanik Kawasaki, PT. Jakaindo Sarana Utama, Jl. KH Hasyim Ashari No.88, Pinang, Ciledug, Tengerang.

KONSUMSI BAHAN BAKAR
Bahan bakar identik dengan kecepatan, semakin cepat kendaraan tersebut maka semakin banyak bahan bakar yang digunakan. Silinder tunggal lebih irit daripada 2 silinder karena untuk mendapatkan tenaga yang sama mesin dua silinder butuh rpm yang lebih tinggi, sehingga memakan lebih banyak bahan bakar. 

“Dua silinder blok mesin lebih kecil, klep juga lebih kecil, ” jelas Bangky pemilik bengkel khusus CBR, Bangky Motor Sport, Jl. Juanda No.9, Depok.

Untuk suara kalau pakai knalpot racing lebih enak dengar yang dua silinder

PERAWATAN
Motor 1 silinder adalah motor yang sederhana. Dengan satu silinder, mesin ini memiliki kinerja yang lebih sederhana dan lebih mudah dirawat. Mekanik hanya perlu menangani satu piston, 4 klep, dan onderdil lainnya yang tidak memiliki susunan rumit.

Keberadaan 2 silinder membuat proses perawatan mesin lebih rumit karena mekanik berhadapan dengan banyak komponen mesin daripada mesin 1 silinder. Mesin 2 silinder yang memiliki 2 piston, 8 klep, 2 seher, dan lain-lain. Keberadaan komponen mesin yang lebih banyak, khususnya piston dan klep, membuat agak sedikit kerepotan dalam hal perawatan.

“Biaya untuk servis rutin lebih mahal 2 silinder karena komponennya yang lebih banyak dari 1 silinder,untuk jangka service relatif, tergantung pemakaian.” ungkap Tugimin, Development service Kawasaki, PT. Jakaindo Sarana Utama, Jl. KH. Hasyim Ashari No.88, Pinang, Ciledug.

Masing-masing memiliki karakteristik yang unik dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

itulah kelebihan dan kekurangannya

sumber ; di sini

salam kebo putih

Comments»

1. baha - April 30, 2014

2 lebih baik

orong-orong - April 30, 2014

KB po?

baha - April 30, 2014

Kalo cuma satu monoton

orong-orong - April 30, 2014

monochrome

baha - April 30, 2014

Sek tak moco artikele disik om

baha - April 30, 2014

e iki mau mbahas motor ta, tak kiro mbahas bojo

orong-orong - April 30, 2014

wow malahan

baha - April 30, 2014

Jelas keduanya punya kelebihan n kekurangan masing2.tinggal disesuaikan saja dg kebutuhan dan medan yg sering di lalui,seperti juga sohc dan dohc.tidak ada yg lebih baik dan lebih buruk.bijaklah dalam memilih karna 5 menit anda memilih menentukan 5 tahun kedepan

orong-orong - April 30, 2014

memilihpun tidaklah 5 menit tapi lebih

2. prasetyo676 - April 30, 2014

Selera kang, tapi klo suara sih yg 2 silinder lebih keren.

Nitip, Kawasaki W650, Classic, Keren, dan Menarik.
https://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/30/kawasaki-w650-classic-keren-dan-menarik/

orong-orong - April 30, 2014

apalagi 4 lebih wow

prasetyo676 - April 30, 2014

4 silinder zwwiing zwiing.. keren.

orong-orong - April 30, 2014

2 tak trentengteng teeeeeeeeeeeeeeeeeng

3. iwe indrawibowo - April 30, 2014

wow monggo dpilih sesuai SELERAnya

orong-orong - April 30, 2014

dan dompetnya

4. cahyadip - April 30, 2014

Menurut CpWP, satu silinder irit dan bobotnya tdk terlalu berat enak buat harian. Dua silinder biasanya main RPM tinggi dan kalau buat harian suka overheat mesin dan panas ke selangkangan..
Kalo urusan suara sih enak 4 silinder yg zing zinggggg…..imho 🙂
http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/30/launching-kawasaki-ninja-rr-mono-di-bandung-beyond-generation/

orong-orong - April 30, 2014

cocok

5. Mas Wiro - April 30, 2014
orong-orong - April 30, 2014

mari kita lihat mesinnya

6. monkeymotoblog - April 30, 2014
orong-orong - April 30, 2014

irit

7. Masdaniblog - April 30, 2014

prefer sing ndi mas?

Rear Wiper Mobil Mahal Bro!

orong-orong - April 30, 2014

malah balik nama eh nanya. ya jelas 2 lah karena sudah punya yang 1

Masdaniblog - April 30, 2014

kalo yang satu dijual bisa dapet dua atau tiga lho, :p bebek kwek kwek

Masdaniblog - April 30, 2014

kalo yang satu dijual bisa dapet dua atau tiga lho, :p bebek kwek kwek

orong-orong - April 30, 2014

kebo dijual dapet embit anyar

Masdaniblog - April 30, 2014

astrea grand 3 :p

orong-orong - April 30, 2014

woh manak 3

8. ali*32 - April 30, 2014

berpasangan lebih baik daripada jomblo :mrgreen:

orong-orong - April 30, 2014

hiks, kasihan yang jomblo

ali*32 - April 30, 2014

jomblo lebih “hemat” tapi berpasangan lebih “nikmat” 😀

orong-orong - April 30, 2014

woh pengalaman ki

9. ali*32 - April 30, 2014

berpasangan lebih baik daripada jomblo gan :mrgreen:

10. warungasep - April 30, 2014
orong-orong - April 30, 2014

bletak duor

11. nivikoko - April 30, 2014

dua donkk…… kalo harga sama… kecuali 1 cylinder cukup 30 jutaan aja

http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/30/yamaha-r25-tertangkap-kamera-depan-belakang-dan-samping-akurapopo/

orong-orong - April 30, 2014

cerdas

12. nivikoko - April 30, 2014

dua donkk…… kalo harga sama… kecuali 1 cylinder cukup 30 jutaan aja

http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/30/yamaha-r25-tertangkap-kamera-depan-belakang-dan-samping-akurapopo/

13. nivikoko - April 30, 2014

2 cylinder aja wong harga sama.. kecuali yang satu cuman 30an.. dahhhhhhh wkwkwk

http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/30/yamaha-r25-tertangkap-kamera-depan-belakang-dan-samping-akurapopo/

14. fncounter - April 30, 2014

Dua2 nya bagus… pilih yang sreg dihati aja…

orong-orong - April 30, 2014

sesuai kantong

15. Aa Ikhwan - April 30, 2014

mau nyoba yg 2

orong-orong - April 30, 2014

silahkan kang, nanti ditunggu rasanya

16. motorohim - April 30, 2014

yang bagus ya dua silinder menurut saya, walo ga kebeli sekarang, hehe

Penantian YZF R15

orong-orong - April 30, 2014

yo ndang beli lek

17. rusman - April 30, 2014

bagus 2 silinder.
tapi kalau style ridding saya cenderung ke 1 silinder

orong-orong - April 30, 2014

siiiiiiiiiiiip tinggal pilih saja

18. Ferboes Richardson - April 30, 2014

enakan 1 silinder lebih murah 😀

Spyshoot R25 bertebaran dimana-mana…!!!

orong-orong - April 30, 2014

siiiiiiiip mending R15 daripada R25

19. motobikerz - May 1, 2014

Jiahh.. Suzuki Smash Titan akhirnya pake ban Michelin juga..
http://motobikerz.com/archives/3976

20. UnduhDroid - May 1, 2014

ane masih awam kalau soal motor ,nyimak aja sob 😀

21. sabdho guparman - May 2, 2014

kalau untuk kendaraan operasional single silinder long stroke lebih masuk akal, perawatan murah rpm bawah udah nendang

ya . . . 72 x 62,5 udah cukup lah ( lirik sigambot )

keep brotherhood,

salam,


Leave a comment