Review memakai oli Shell HX7 November 18, 2013
Posted by orong-orong in Uncategorized.trackback
Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya. semoga dalam keadaan baik-baik saja. Ini ada sedikit ulasan mengenai penggunaan oli untuk si kebo byson. Biasanya kebo ane pakai oli dari pabrikan yang harganya cukup terjangkau gan. Bru kali ini ane servis di bengkel umum, maklum dari baru si kebo selalu rutin servis ke bengkel resmi.
Biasalah Yamalube sport 1 liter itu yang harganya 35rb rupiah, murah kan. Nah kemaren iseng-iseng servis ke bengkel langganan yang dulu. Dulu sering servis supra ane di bengkel ini tepatnya di pinggir kali ciliwung. Karena sudah akrab dan lama tidak pernah maen ke situ ditanyain sama yang punya bengkel, Kemana aja mas?.
Ane jawabnya “nggak kemana-mana”, “wah motornya baru ya?” tanya dia. enggak, “sudah lama” padahal dia juga sudah tahu. sambil membedah si kebo untuk di servis kita ngobrol, ane tanya oli yang enak untuk motor ini apa ya. Dia nya langsung jawab, “Biasanya Shell HX7 yang warna biru, bukan warna kuning”. terus ane tanya ” harganya berapa ya mas?” sekitar 70an ribu katanya.
Wah ane penasaran pengen coba yang lain, siapa tahu enak. ane iyain aja pakai oli Shell itu. Terus ane tanya lagi “kalau evalube gimana mas?”. dia jawab ” kalau evalube biasanya kampas kopling mudah terbakar” wah ane gak berani pakai itu. Ya udah servis selesai dan ane bayar untuk servis 25rb + oli 73rb = 98rb. sekali servis + ganti oli 100rb melayang, wow baru kali ini mencoba oli shell.
Setelah beberapa hari ane pakai rasanya memang enak gan, suara mesin menjadi lebih lembut dan tarikannya lebih terasa. dan sepertinya untuk konsumsi bbm juga lebih hemat gan menurut ane. Memang benar iklan di tv itu. beda sekali waktu ane memakai oli yamalube, Memang Harga tak pernah bohong. kalau yamalube cuma 35rb tapi shell ini sampe 73rb, dua kali lipatnya. Mantab tenan, nah kalau ditanya ane akan terus pakai shell atau kembali lagi ke yamalube? ane pasti jawab pakai Shell HX7 dong.
Bukanya bermaksud untuk menjelekan produk lain ini hanya opini pribadi.
semoga berguna
karena rasa tak pernah bohong
salam kebo putih
mahal amat yak…apa krn sugesti aja tuh jadi enak dan irit..krn sudah terbawa oli mahal jaminan bagus.
katanya oli mobil, tp memang harga tidak pernah bohong kang
“katanya” lagi…koq begini,kang…
http://bakulkangkungjpr1.com/2012/08/20/ternyata-ini-alasan-oli-mobil-tak-cocok-untuk-motor/
pengen jajal AX7 tapi isih setia karo KGO (baca ora duwe duwit), timbang duwit semono ditukokke shell mending tak tukokke BM1 PC 1500. btw aq gelem kok dilebokke sak sel karo mbak e kui
tenan? pengen turu ning kandang po?
turu sel wae karo mbak e 😀
woh arep dadi artis 3gp po?
ojo dishooting 😀
Koq aneh ya atau memang cuma perasaan saya aja. Bukannya Shell HX7 itu buat mobil ya…?! Yang buat motor itu Shell AX7 CMIIW
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!
memang gan, namanya juga coba2 ( rekomendasi bengkel umum )
wah…eksperimen ceritane,kie…?
http://bakulkangkungjpr1.com/2013/11/18/kursi-buatan-honda/
iya, masih mencari yang terbaik
Gpp, kalo gak dicoba kita gakan pernah tau…jebol sih gak lah tapi pasti ada bedanya..
wah 2x nya bro 🙂
iya
saia juga pertama kali ini, tunggangan dikasi oli kerang AX7, kena 48 ribu di bengkel. suara mesin lebih alus sih dari oli pabrikan, kalo tarikan beda dikit…gak tau kalo dah mulai encer
woh, kalo AX7 48rb ya
setau saya HX7 buat mobil kalau buat motor AX7
weleh, khusus mobil ternyata enak banget loh
oli mobil ga haram kalo di pake di motor kopling basah, asalkan jangan yang full sintetik yang saenya xw-30 ato yang berlaber jaso mb, apalagi api donutnya udah energi conserving! Jangan sekali2 di pake! Selip kopling tuh! Justru ada kelebihannya oli mobil di bandingkan oli khusus motor, dengan tingkatan api service yang sama dan dari merk yang sama, biasanya oli mobil punya harga yang lbih murah! Gampangnya lihat aja mesran super dan enduro 4t! Sama kekentalan, api service dan jaso ma nya! Tapi harga beda! Tanya kenapa?
sip pencerahanya suhu
Beda di kandungan atau formula…kekentalan boleh sama, api sama, jaso ma sama…kandungan pasti ada beda…kecuali semua bener2 sama kita yg dibegoin hehehe..sapa coba yg mau ngecek2 smp ke lab? Hehhee…
gampangnya sih liat aja ada standarisasi ILSCA/ ACEA, pasti bikin mesin kopling basah licin.
makany pertamina brani rekomendasiin mesran super untuk motor, dari pada primaXp. cz aditif friction modifier/pelicin itu gak ada di mesran super.
itu olinya mobil mas bro
pantes enak 😀
tapi mahal hehehehe
harga memang tidak pernah bohong
muaaahhhhhhaallll….
kalau yang bawah biar ane yg kasih oli…
emang masih punya oli situ? wkwkwk
Rasa di pic yang paling bawah?
nyoooooooos
weish.. mantap, berani pake oli mobil.. beruntung itu kampas koplingnya gak kenapa2
kalo sy pernahnya pake oli diesel, Meditran SX, nyatanya jg gak ada efek negatif…
mantabh
Ini lebih berani lagi…tapi ciyusan gada efek negatif? Dah jalan berapa KM kah?
ciyus kang, dah habis 4 botol
skrg malah pengen naik level, fastron diesel.. 😆
terus terang ane sih blm bongkar mesin, jd belum ada bukti yang valid
Gpp sih sebagai bahan diskusi aja, itu info dapat darimana? Masukan mekanik atau gmn misalnya…
baca2 aja sih di forum, dalem ‘n luar, bbrp poin yang dikemukakan menurut saya masuk akal, jd saya coba sendiri dgn risiko saya tanggung sendiri jg 😀
Fair enough hehe..
http://kobayogas.com/2013/11/20/silinder-yamaha-aja-sebelahan-om-honda-masih-sendirian-aja-nih/
aku pake produk dalam negri pertamina Fastron, oli mobil juga gan, mesin juga lebih alus dan satu lagi ada teknologi nano nya juga :).
wow cinta produk dalam negeri
msh lebih enak bm1 pc 7000…. 5-30 SM
woh, mosok? ane belum pernah nyoba gan
Lebih enak mana sama Motul 5100 ester based 10/40?
API SM ga cocok sama flat tappet arm, pilih API SL
Enduro racing gan. Oia saran ane jgn diterusin dah pk oli mobil soale putaran engine dimotor tuh lbh tinggi n kopling yg dpake type basah. Dlu tmen ane make helix kuning ktanya emang enak tp kan gak ada aditip wat kopling basah jd ya efeknya di blok koplingnya kena. CMIIW
woh gitu ya, thks pencerahannya gan
nek aq yo mung nganngo oli pertamina enduro racing om………..
sekalian cinta ploduk ploduk indonesia……..
siiiiiiiip lah
Yang penting setia om, jangan gonta-ganti merk oli, motor ane pernah ada semacam lumpur waktu ganti piston, sepertinya karena sering gonta-ganti oli, kalau lagi krisis yamalube, ada dana lebih motul, pas oli shell helix mobil bersisa dipakai juga ke motor.
siiiiiiiiiiip gan
just info..merapi meletus lagi gan..hujan abu di sebagian wilayah boyolali…udah call keluarga blm.
wah kalau tempat ane masih aman kang, boyolali pinggiran perbatasan sragen.
perbatasan sragen ngendi mase andong, juwangi opo nogosari aku cah karanggede kiye, salam kenal
aku jlegong, klego kang. salam kenal juga
boyolali nggone sapi yo om.. xixixixi jd pgn mimik oli eeh susu *lirik bonuse… 😀
iyo gudange bonus eh sapi
k lo bwt ovi ane ckup AX7 ajah seharga 45 rebtu hehehe
http://belalangmerah.wordpress.com/2013/11/18/melihat-lebih-dekat-prototype-suzukixrh-1-moto-gp-2015/
joss
🙂
mantepdah… patut dicobak 😀
silahkan
walah….pake oli mobil
ben nyuuuuuuus
mw bagi2 rahasia boleh ga? Perkara oli motor ato oli mobil sebenernya ga beda jauh! Step 1 pastikan viskositasnya di sesuaikan dengan spek pabrikan, step 2 lihat api servicenya kalo bisa jangan lewat dari api sl, idealnya antara sf sampai sj, yang ketiga pastikan jaso sertifikatnya kalo untuk kopling basah jangan sekali2 pake yang mb, yang terakhir dan paling penting ganti oli paling lambat 1200km, kenapa kok pendek amat jarak penggantiannya? Simpel, oli 1 liter tuh buat melumasi mesin kopling dan paling menyiksa adalah melumasi gearbox!
woh sip
lanjut, karena oli sepeda motor melumasi 3 section tersebut, akibatnya oli motor cepat mengalami kerusakan viskositas, belum lagi rata2 bermain di atas 5rbu rpm ketika beroperasi normal, pengalaman pribadi saya belum pernah pindah dari produk pertamina, tapi saya belum pernah make yang khusus motor. Saya pakenya mesran super, prima xp ato untuk tvs apache yang baru masuk 5rbu km pake fastron 10w40. Moga berkenan membacanya! Panjang euy!
Panjang asal bermanfaat 🙂
Btw bisa dipertanggungjawabkan kah sharingnya?
ane bertanggung jawab untuk diri ane sendiri, suatu kewajaran bila di ragukan, atau mungkin di patahkan, toh cuma sharing, btw oli khusus buat motor kopling basah biasanya ada jargon anti selip kopling, nah secara kebetulan oli mobil keluaran canggih sekarang biasanya super encer dan super licin makanya menyebabkan selip kopling, pengalaman jadi guru berharga kang! Nah dari situ saya punya kesimpulan, step 1 viskositas step 2 api service step 3 baru jaso sertifikatnya! Kan enak kalo diskusinya berisi kayak gini! Salute!
Hehehe fair enough…
mantab suhu
ga suhu kali mas! Temperatur…ato apa lah! Jangan memuji gitu dong! Ga enak ati jadinya! Jangan panggil suhu ah! Panggil bro ato sus gitu! Eh jangan sus deng!
kayaknya helix buat mobil, kalo advance buat motor. Aneh juga karena di dealer suzuki juga dijual yang helix. Kasihan konsumen kalo ternyata bikin rusak.
mosok bengekl resmi juga menyarankan begitu
Lupa nama ingat rasa…
Oli bagus akan bertahan lama enaknya..
Dan bener…harga ga pernah boong hehhe…
35rb mau jos? C’moonn hehhe..
Oia kalo boong itu produsennya hehhehe..
http://kobayogas.com/2013/11/18/sharing-kekuatan-konsumen-senangnya-membantu-kawan/
wkwkwk tau sendirilah
Oia harusnya sih bukan HX7…tapi shell advance AX7 kalo ga salah ya…lupa.
Kalo shell kuning nahhh bukan HX7 tapi HX5.
http://kobayogas.com/2013/11/18/sharing-kekuatan-konsumen-senangnya-membantu-kawan/
Baca artikel kang sayur dulu aahh soal oli…
mas sayur juga jualan oli ya?
kalo beli oli dari mas sayur dapet potongan harga ga ya?
Minyak sayur mungkin? Hehehe…buat masak donk
ga selip kang?
http://l2super.wordpress.com/2013/11/19/njajal-gsi-standar-drag-speed-di-kebo/
selama ini enggak sich
ane bertanggung jawab untuk diri ane sendiri, suatu kewajaran bila di ragukan, atau mungkin di patahkan, toh cuma sharing, btw oli khusus buat motor kopling basah biasanya ada jargon anti selip kopling, nah secara kebetulan oli mobil keluaran canggih sekarang biasanya super encer dan super licin makanya menyebabkan selip kopling, pengalaman jadi guru berharga kang! Nah dari situ saya punya kesimpulan, step 1 viskositas step 2 api service step 3 baru jaso sertifikatnya! Kan enak kalo diskusinya berisi kayak gini! Salute!
sip gan, saling berbagi pengalaman
oli mobil bukannya bikin selip kopling karena mobil oli transmisi sama mesin beda, sedangkan motor jadi satu
Memang oli mobil gan, tp enak kok gak selip
saya pake itu juga tapi untuk mobil. bukannya helix sama advance mahalan helixnya? apa ga eman2
Mahal sich, masih coba gan. Ternyata enak
eman2 juga sich, namanya juga lagi coba2
selama ini tidak ada gejala selip gan
emang enak tuh pake shell helix hx7,ane juga pake tapi buat mio..hehehhe
jangan terlalu sering gan, kantong bisa jebol wkwkwk
gampangnya sih liat aja ada standarisasi ILSCA/ ACEA, pasti bikin mesin kopling basah licin.
makany pertamina brani rekomendasiin mesran super untuk motor, dari pada primaXp. cz aditif friction modifier/pelicin itu gak ada di mesran super.
Joss
penggunaan oli mobil pcmo/hdeo lagi lumayan rame nih akhir2 ini….kemaren baru saja ketemu sama penunggang byson di agen oli pertamina langganan ane….nih penunggang byson beli oli meditran sx sebanyak 2 gallon..ane sksd nanya ama dia buat mobil apaan oli sebanyak itu? buat motor mas! buat motor apaan? tuh byson!! yakin ga ngerusak mesin pak? gak tuh!!! nyatanya odometer saya udah balik ke nol lagi……selama sya punya motor ini saya ya makenya oli ini…..terus dua gallon banyak banget……sisanya buat apa? anak2 komunitas saya banyak yang pake oli ini di motornya mas……jadi bisa hemat mas gitu………
nah lho……ternyata ……….biker aliran sesat tentang oli udah banyak ya………
Jiahahaha
ada lagi pengalaman nih……..oprrator genset di pabrik ane kerja kalo ganti oli motor ga pernah beli oli tuh…….tinggal make oli genset caterpillar sisa….emang sih sisanya lumayan banyak kalo lagi maintenance rutin……….herannya tuh motor ga pernah rewel mesinnya……( tiger revo gen 1) pas ane baca msds oli caterpillar kok ada jaso ma meetnya olinya sae 40 api ch4/ sg ……….naaahhh kan! jadi ane juga ikut2an nuang tuh oli ke supra inventaris kantor………hasilnya….mesinnya ga berisik tarikan biasa aja…..tapi kerasa ga sepanas biasanya…..(ahm oil mpx1)
Wah lebih parah nich
tapi beneran enak banget boss…..ni oli kok rasanya terlalu indah untuk di bilang bohong……sebulan di pake mesin semakin halus, oper gigi lembut, panasnya bener berkurang jauh ( secara feel) nah sekarang tarikan per gigi kayak ga ada jedanya……..padahal seinget ane nij motor belum.pernah Service selama setahun belakangan………..
nambahin review aj iah,ane make ni oli jg dah hmpir 3thn di tiger revo,rutin ganti per 4k maksimal 5k, no problem slama ni..jdi jgn blang ane biker aliran sesat iah klo trnyta motor ane mlah awet gini hehehe
Wah cocok berarti
ralat deh…..jangan “biker aliran sesat”(soal pelumas)….soalnye ane kalo gitu sesatnya udah ga bisa di obatin lagi…..”antimainstream” kayaknya lebih kena deh…….
kalo buat r15 atau NVL gimana bisa gak?? soal nya suara dr blok mesin kasar.. 🙂
nek aq mung nganggo AX7 om…………… hehehehehe………..
nah cocok tuh, hx7 kanggo mobil
motorku ra pernah tak service om………. service mung 1 thun sekali pas mau di pake mudik wkwkwkwk itu pun cuma bersihin karbu, kalo cuma ganti oli tak ganti dewe lebih puas dan motor gak kotor hehehehehe………
alhamdulilah sampe sekarang masih jooosssssssshhhhhhhhhhh
tapi mlayune ra iso banter wkwkwkwkkwwkk
😦
Hx7 sukses melumasi mesin nvl ane s/d 300km on going
ane udah terlanjur pake shell hx7 di cb150r ane gan. bahaya gc gan kira2??
Kalo buat all new Satria fu injeksi bagusan pake yg Shell Ax7 apa Hx7 ya?plizzz infonya?
Saya pake oil helix ax7 sudah 1 thun, buat motor mio J
shell helix seri apa aja, yang kemasan 800 dan 1000 ml, itu sudah diformulasikan untuk mesin kendaraan ringan. jadi aman untuk d pakai di roda 2.
kalau shell untuk mobil. itu pasti d kemasan 5 liter.
so, jangan di patok sama ya.
rada melek spesifikasi, bca indikasi di kemasan, jangan asal sebut bro,
tanks