Sudah Tidak AHO lagi July 9, 2013
Posted by orong-orong in Uncategorized.trackback
Thanks gan yang telah memberi pencerahan tentang pemasangan saklar manual byson supaya tidak AHO lagi. lama juga mencari saklar manual byson untuk menggantikan saklar AHO yang ane rasa sangatlah tidak nyaman. bagaimana tidak wong tiap 2 bulan sekali pasti ganti stop lamp, hadeuh ini gara-gara AHO.
Saklar manual sudah ditangan tinggal pemasangannya saja, mencari tahu tentang bagaimana cara pasangnya di blog dan di beri pencerahan oleh komentator bro r6 ( maaf tidak tahu nama sampean ). iseng-iseng pengen pasang sendiri nich. pas pada hari minggu kemaren ane coba praktekin dan sebagai berikut langkah-langkahnya.
pertama buka jok dulu, ambil peralatan yang ada di bawah jok motor. setelah itu buka cover samping mesin sebelah kiri kemudian dilanjutkan membuka cover tangki ( kondom ). setelah terbuka buka karet yang melindungi berbagai socket kabel disana.
tangan ane luka pas buka cover samping
disana ada socket 6 kabel yang langsung terhubung dengan saklar di stang kanan, copot dengan tangan karena ada slotnya. bila susah bisa dibantu menggunakan obeng, tapi jangan dipaksa. setelah terlepas, buka saklar bagian kanan motor dengan menggunakan obeng plus, disitu terdapat 2 baut panjang dan pendek.
buka jok, cover samping mesin, dan cover tangki sebelah kiri
setelah bisa dibuka tarik dengan hati-hati karena jalur kabelnya yang lumayan rumit dan sempit. langka selanjutnya bila sudah selesai coba slot saklar manual dipasang pada slot yang dilepas tadi dicek apakah berfungsi sebagaimana mestinya tidak. jika sudah benar maka copot kembali slotnya kemuadian pasang saklar yang manual di kanan kemudi.
saklar sebelah kanan di lepas dulu
lalu urutkan kabel sesuai alur kabel yang dicopot tadi, bila sudah kemudian pasang slot kembali dan di coba kembali. ternyata tidak ada ubahan sama sekali alias tinggal plug and play, sangat mudah bukan. bila sudah normal, maka pasang kembali semua cover tangki dan cover samping mesin tadi. dan siap untuk perjalanan…………….
slot yang harus dicopot
begitulah cara memasang saklar manual byson supaya tidak AHO lagi.
penampakan setelah terpasang
salam kebo putih………….
selamat tinggal aho
yes, I hate AHO
aku kapan ya
kapan le ngopo? malah arep ganti AHO?
iyo yo 😀 nlayuuuu
hayah
loh jangan salah punya kang ipan palanya juga kebo makanya pasti AHO hihihi….. just kidding
woh iya, kebo jadi-jadian. wkwkwk
buahahahahaha……… mas ipan bukan aku yang bilang yo……… hehehehe 😆
alhamdulillah…
akhirnya bisa juga.. 🙂
iya kang
alhamdulilah dah terpasang juga…………. hehehehe…….
kok tangan ampe luka gitu ya………..
maklum bukan mekanik, ane buka cover samping agak susah ane paksa malah kena covernya itu. jadinya luka
oalah…………….. kalo buka cover samping caranya :
di tarik ke samping jika sudah keluar dari pen penahan tarik ke atas brow…….
hehehehe……. maaf infonya telat 😆
he2 baru belajar jadi mekanik gan, lain kali harusnya tidak terulang lagi. thks gan infonya
sama sama brow……….. sukses yo……….
ya, sukses juga brow
itu saklar manual ori yamaha gan?
iya gan ori, wong belinya di beres yamaha
sakjane aneh ya, kalo semua yang keluar dealer dibikin AHO, la kok mereka jg masih jual yg manual..
namanya juga taktik dagang. biar dapet untung lagi
yg Byson keluaran pertama masih belum AHO jadinya part tsb mgkn masih di produksi Yamaha. untuk tipe matic jg sama (setahu saya), bisa menggunakan saklar asli Yamaha karena dudukan n sistemnya sama antara Mio gen lama (non AHO) dgn Mio J, Soul GT or Xeon. CMIIW
Juoozzz…..
Akhirnyaaaa….
horeeeeeeeeeeee
kalo mau matiin AHO cbsf bisa ngak pake saklar punya NMP??
wah kurang tahu gan, sepertinya bisa karena 1 merek
Saya jg termasuk yg ga setuju adanya aho, pemborosan. Syukurlah motor d rumah ngga aho, maklum bukan keluaran baru hehehe…
sip gan, ane juga tidak setuju
kapan gan artikelnya produk yamaha thailand??
sesuk gan, isih di gawe iki
kirain sudah tidak perawan
emang sudah tidak perawan gan. wkwkwk
untuk cb150r cocoknya pake saklar apa gan???
Yg pling mudah pemasangannya!!!
pakai saklar megapro yg manual gan
walah ternyata udah ga AHO,sipppppppppp ,artikel DIY nich crianya 😀
betul kang
MAntap..
siiiiiip
kalo stoplamp kebo mati mah emang bawaan pabrik bukan karena AHO….aq ganti pake bohlam punya kompetitor awet sampe skrg hehehehe….(podo stanley-ne padahal…berarti sesuai order pemesan donk)
wow gitu to kang, sering mati juga. ane kan tanya sama mekanik beres katanya penyebabnya AHO itu. sekarang dah aman kok
hehehe keboku khan taon 2010 belum AHO…putus di 7 bulan pertama…langsung ganti ama punya macan kebetulan ada stok di rumah…awet dech sampe skrg padahal skrg ikut2 hidupin lampu terus pas siang 🙂
walah, malah kebalik sama ane. namanya juga manusia tidak ada puasnya
hehehe bukan dirubah jadi AHO tp khan ikut peraturan pulisi…harus hidupin lampu utama di siang hari….Semarang kang….pulisinya suerem2 apalagi liat plat nomor luar kota wkwkwkwkwk
wow, sering ke semarang to kang?
cari sesuap nasi di semarang dan semangkuk berlian nech hehehehehe
weleh, semoga berkah. tiap hari PP kang? apa tinggal di semarang?
amien…..sementara tinggal di semarang dulu….kalo ada rejeki ya hijrah ke jogja aja….dulu pp kuat….skrg bisa rontok boyoke…:)
wkwkwk, dah berumur yah begitu gan
husss…ngmg2 soal umur sensitif lhooooo…yg penting pas numpak motor pake helm fullface dadi enom maneh hehehehehhe
ho-oh, tambah ganteng maneh nak nganggo helm. wkwkwk
helm kyt rc7 warna item + jaket contin lunatic warna merah item…..hem kok dadi mirip si ipan yoooo….hehehehe
isih sedulur. item semua perasaan
hehehehehe…..sing opo kie item semua???
mongtor, jaket, helm. isoh2 katohok yo ireng
wkwkwkwkwk….iseh turu ketoke si ipan….makane gak respon 🙂
ora ngerti mungkin
btw meteran bensin si kebo normal2 aja gak…kebo-ku uda ngaco bener….kedip2 tapi di tangki masi separuh bensinnya 😦
normal sih, tp kadang juga ngaco. standart samping sama tengah beda
wkwkwkwk…kalo itu mah jelas…tapi emang ngaco kok
kalo indikator bensin ngaco bisa di benerin dengen dibuka pelampungnya.. trus dldlmnya ada lempengan tembaga saling bersentuhan itu di bersihkan dengen kertas atw amplas tipis… hati2 tembaganya tipis bgt… kosongin dulu bensinnya…
sekalian mo review kebo 2011, byson paling boros kampas rem depan, ane udah 5x ganti, lampu blkng ganti led, bohlam sering putus, shield shock depan kanan ganti sekali, kiri ganti 2x. karet kopling oblak dan sekalian kampas kopling ganti di odo 32000KM (skr karet koplingnya udh oblak lg), skr pake kamkop scorpio, bohlam headlamp 4x ganti pake osram yg 30rban di yamaha 75rb, kompstir 1x ganti, busi sekali ganti.
spek:
– ODO skr 47000 KM, umur 20 Bulan
– gir depan 15 (New MX), blkng 40, rantai sudah mulai ada suara gretek2..
– Ban Blkng 140/70 depan 110/70
– Mesin Standar
– Spuyer 17.5
– knalpot standar
– RDB kaliper bawah
– Pemakaian utk Harian Senin-Jumat PP 70KM… speed normal (normal macet) :D, Sabtu atw minggu Mlipir2 gak jelas…
Sekian
wow banyak sekali masalahnya, punya ane baru 12ribuan km. karet sil shock depan sudah pada sobek, untung olinya belum bocor. ane biasanya kerja senin-jumat 35 km PP. sabtu minggu ya malah lebih jauh lagi trayeknya. thaks gan infonya
yah begitu lah gan, buat harian betot ga pake sayang2…