Ini dia tabel bahan bakar yang cocok buat sepeda motor honda sesuai dengan kompresinya February 3, 2016
Posted by orong-orong in Honda.Tags: apa itu nilai oktan pada bensin, daftar bahan bakar yang cocok untuk motor honda, daftar kompresi motor honda, pengertian nilai oktan
trackback
OrongOrong.com
Hello sobat sobat semua, dimanapun anda berada. Acap kali kita tidak tahu atau mungkin tahu tentang apa sich bahan bakar yang pas / cocok untuk sepeda motor honda ini dan itu. Karena saat ini sepeda motor buatan honda pastinya mempunyai kompresi yang berbeda-beda maka di butuhkan bahan bakar yang juga berbeda-beda agar performanya tidak turun alias ngedrop atau bahkan mbrebet.
Dan bahan bakar di indonesia ini juga bermacam-macam sesuai dengan nilai oktanya, nah apakah anda tahu apa itu Oktan?
Pengertian Nilai Oktan
Nilai oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.
Semakin tinggi angka oktan, semakin besar tekanan yang dibutuhkan bahan bakar untuk terbakar. Jika bahan bakar oktan rendah digunakan di mesin yang dirancang untuk oktan tinggi, bahan bakar bisa meledak atau menyebabkan ketukan hebat yang bisa merusak mesin. Agar awet, pemilik kendaraan harus menggunakan bahan bakar dengan oktan sesuai yang rasio kompresi mesin motor.
Berikut daftar tabel jenis bahan bakar dan nilai oktannya :
Tabel Bahan Bakar Ideal Motor Honda Sesuai Rasio Kompresi Mesin
Berikut daftar tabel kebutuhan bahan bakar sesuai rasio kompresi :
Jenis Motor Honda | Rasio Kompresi Mesin | Bahan Bakar |
---|---|---|
Beat | 9,2 : 1 | Pertalite |
Beat FI | 9,2 : 1 | Pertalite |
Beat FI eSP | 9,5 : 1 | Pertalite |
Blade | 9,3 : 1 | Pertalite |
Blade FI | 9,3 : 1 | Pertalite |
CB150R | 11 : 1 | Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95 |
New CB150R | 11,3 : 1 | Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95 |
CBR 150R | 11 : 1 | Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95 |
CBR 250R | 10,7 : 1 | Pertamax / Shell Super / Performance 92 |
CS1 | 10,7 : 1 | Pertamax / Shell Super / Performance 92 |
Kharisma | 9 : 1 | Premium / Pertalite |
Kirana | 9 : 1 | Premium / Pertalite |
Legenda | 9 : 1 | Premium / Pertalite |
Mega Pro | 9,1 : 1 | Pertalite |
Mega Pro FI | 9,5 : 1 | Pertalite |
New Mega Pro | 9,5 : 1 | Pertalite |
New Supra X 125 FI | 9,3 : 1 | Pertalite |
PCX 125 | 10,6 : 1 | Pertamax / Shell Super / Performance 92 |
PCX 150 | 10,6 : 1 | Pertamax / Shell Super / Performance 92 |
Revo | 9,3 : 1 | Pertalite |
Revo FI | 9,3 : 1 | Pertalite |
Scoopy | 9,2 : 1 | Pertalite |
Scoopy FI | 9,2 : 1 | Pertalite |
Scoopy FI eSP | 9,5 : 1 | Pertalite |
Sonic 150R | 11,3 : 1 | Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95 |
Spacy | 9,2 : 1 | Pertalite |
Spacy FI | 9,2 : 1 | Pertalite |
Supra Fit | 9 : 1 | Premium / Pertalite |
Supra X 110 | 9 : 1 | Premium / Pertalite |
Supra X 125 | 9,3 : 1 | Pertalite |
Supra X 125 FI | 9,3 : 1 | Pertalite |
Supra X Helm In | 9,3 : 1 | Pertalite |
Supra X Helm In FI | 9,3 : 1 | Pertalite |
Tiger | 9 : 1 | Premium / Pertalite |
Vario 110 | 10,7 : 1 | Pertamax / Shell Super / Performance 92 |
Vario 110 FI | 9,2 : 1 | Pertalite |
Vario 110 FI eSP | 9,5 : 1 | Pertalite |
Vario 125 FI eSP | 11,0 : 1 | Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95 |
Vario 150 FI eSP | 10,6 : 1 | Pertamax / Shell Super / Performance 92 |
Vario Techno 110 FI | 11 : 1 | Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95 |
Vario Techno 125 FI | 11 : 1 | Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95 |
Verza | 9,5 : 1 | Pertalite |
Win | 9 : 1 | Premium / Pertalite |
sumber di sini
motorku cocoke nganggo opo yo?
aqua
aku kompresi 10 nganggo premium……. +norival tapi
http://78deka.com/2016/02/03/ini-alasan-multi-silinder-lebih-menguntungkan-daripada-single-silinder-part2/
vario tulisannya perta+ tpi tak paksa pertamax biasa 😛
asal jangan premi um
lah, ane cb 150r untuk kerja berat malah cuma diisi prtalite om
tapi masih aman kan?
GL 200 lawas ane kayanya uda trbiasa sama pertalite
😀
Wah jodoh berarti
premium jarang dipke
Kudune mimik ron 95 lek variomu
http://motomazine.com/2016/02/03/motogp-sepang-test-selesai-lorenzo-tercepat-disusul-rossi-dan-marquez/
tapi kok pasti aman premium ya? apakah menyesatkan?
Sesuaikan kantong ajalah..hahaha
Kalo cuma dipakai jalan santai, buat jalan2, atau ke pasar, ya premium nggak papa.
Tapi kalo mau rasakan performa dahsyat, akselerasi spontan, dan top speed yg ganas, silahkan pakai yg lebih mahal.haha
Siiip
[…] ini-dia-tabel-bahan-bakar-yang-cocok-buat-sepeda-motor-honda-sesuai-dengan-kompresinya […]
[…] ini-dia-tabel-bahan-bakar-yang-cocok-buat-sepeda-motor-honda-sesuai-dengan-kompresinya […]
[…] ini-dia-tabel-bahan-bakar-yang-cocok-buat-sepeda-motor-honda-sesuai-dengan-kompresinya […]
[…] ini-dia-tabel-bahan-bakar-yang-cocok-buat-sepeda-motor-honda-sesuai-dengan-kompresinya […]
[…] ini-dia-tabel-bahan-bakar-yang-cocok-buat-sepeda-motor-honda-sesuai-dengan-kompresinya […]
Cocok ga pertamax turbo buat honda karisma d