Sejarah honda CB April 21, 2014
Posted by orong-orong in history bike, Honda.Tags: all about honda cb, cara bikin kencang honda cb, harga honda cb, info honda cb, kumpulan motor honda cb lawas, profil honda cb, sejarah honda cb, sejarah lahirnya honda cb
trackback
OrongOrong.com
Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Honda CB pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1 oleh PT Federal Motor karena perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni 1971. Sebelum CB, tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Memproduksi disini sebenarnya hanya merakit, karena pada saat itu PT Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya;
PT Honda Federal (1974) memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dsb.
PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) khusus memproduksi peredam kejut
PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) memproduksi mesin sepeda motor
PT Federal Izumi Manufacturing (1990) khusus memproduksi piston
Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan anak-anak perusahaan di-merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, dengan komposisi saham 50% PT Astra International Tbk dan 50% Honda Motor Co. Japan.
Saat ini AHM memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan ;
Pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang berfungsi sebagai kantor pusat.
Pabrik kedua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.
Pabrik ketiga sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Pada tahun 2007, AHM menempati ranking pertama penjualan sepeda motor di Indonesia dan tingkat ASEAN dengan produksi ke-20 jutanya. Pada tingkat dunia, AHM menempati ranking 3 setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina dan India.
Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia di tiap negara. Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc. Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk dimodifikasi. Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972. Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit.
sumber ; di sini
nggono to pakdhe, lha cbsf kok ra di sebut?
cbsf urung ono sejarahe
CBSF masih balita kan.. blm 5 tahun… hehehe..
Ini salah satu CB yg juga legendaris, CB400 Super Four.
Nitip kang, Test Ride dan review Honda CB400 Super Four, Smooth dan Easy Riding.
https://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/19/test-ride-dan-review-honda-cb400-super-four-smooth-dan-easy-riding/
Nitip lagi tambahan, Honda CB400 Super Four Cocok Buat di Indonesia :
https://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/18/honda-cb400-super-four/
Bapak ane pernah punya Cb100…
Tahun 2000 pas ane mulai bisa naik motor, sering dipake bonceng tiga…
powernya maknyus…
Sayang sekarang udah dijual.. 😦
http://komputermotor.com/2014/04/20/website-indent-online-yamaha-r25-udah-dibikin-ada-apa-inih/
padahal motor wenak lho
Ituh dia..
bokap ane gak bilang pas mau jual…
pas ane lagi SMA kan ngekos tuh..
pulang kampung CB100 nya udah dilego, berganti bebek Tossa gres… 😦
Kesel banget.. sempet manyun juga sama bokap… 😀
wkwkwkwk mungkin dia sudah bosan
Ituh dia.. padahal ane udah ngincer sejak lama..
Bokap bilang terpaksa.. karena keadaan ekonomi yg belum stabil saat ituh.. 😦
#curcol dong..
waduh sayang sekali, ya nanti anda juga tahu kalau sudah menjadi bapak2
Wkwkwkk.. gak mau ah.. maunya muda terus.. 😀
waw
wew
Ooo…Gituuu 🙂
—–
http://nyobamoto.com/2014/04/20/beda-fz150i-vietnam-dan-new-vixion-lightning-tipis/
nggih suhu
kapan honda bangkrut yo
nak kowe dadi fby
wakakkakakkakakkk….asem iso wae jawabe…
aku ki mboh kok
kokean numpak kebo yak e
ketone, wkwkwkwk
kebo di dol wae
eman ndess, lha warungku ranek salam kebo putih neh ngko
wakakkakakakkkk…
jebul kur go syarat salam
identitas warung
suip lah…menowo ono razia wes due identitas
mosok ganti kebo ireng
kayane wagu
Cb100 salah satu motor yg dulu ane idamkan, pengen modif model harley single seater. Tapi sekarang dah gak pegen lagi, pengennya motor semprot nunduk kang
wis indent R15 rung iki?
nyimak gans…
monggo lek
nitib mas…
http://bintangjati.com/2014/04/21/new-vario-fi-launching-di-mal-bali-galeria/
silahkan
Oh tahun 71 ya,mantap sampe ssat ini masih eksis 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/21/♠-bukti-bahwa-masih-banyak-orang-yang-lebih-sengsara-daripada-pengemis-di-indonesia-ini-♠/
juwosss
http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/21/review-top-one-chain-wax-pada-ranta-new-vixion-jebue-uaus-tenan-euyyyy/
nyuoos
Wiiih keren y kang
biarpun udh tua tp t0uring cb msh sring liat
trbukti kehandalan mesin.a
http://adityaprad.wordpress.com/2014/04/20/disalip-rr-mono-saat-riding/
betul itu
pabrik ke-4 di karawang gan bt cbr lokal
woh joss
sejarah cbsf…old vixion muncul di tahun 2007…menguasai motor sport===> cbsf
—————————————————————————-
CBR 250 dual Headlamp, performa meningkat…tapi sia-sia doank kalo ga di CKD dimari
http://lovemotobike.com/2014/04/21/cbr-250-dual-headlamp-power-naik-jadi-2855-hp-konsumsi-bbm-tembus-50-kml-semuanya-sia-sia-kalau-ga-di-ckd-in/
cbsf mengejar
jozzzzz…
http://ulidblog.com/2014/04/21/uji-kelayakan-minerva-rx-150-digelar-fitur-amblez-sebagai-pelengkapnya/
nyoos
mantap sharingnya mas huda
http://monkeymotoblog.com/2014/04/20/kamu-adalah-apa-yang-kamu-tunggangi-you-are-what-you-ride-intermezzo/
siiiiiiiip
pabrik ke empat karawang
wow pabrik baru khusus untuk cbr lokal katanya
yg gak pake jagrak tengah 😀
yuph
CB yg skg CB150 ra mlebu kang?
iki sebe jadul
pabrik ke empat, Kawasan Indotaisei-Kota bukit Indah Karawang status on progress hahahahahahahahaha
http://macantua.com/2014/04/20/tikungan-bonus-bahaya-mengintai/
weleh
wkwkwkwkwkwk…. lah memang tho…
betul itu
udah banyak yg pindah ksini kok pgawainya mas….
mosok? bukan karyawan baru?
banyak yg lama, dan banyak yg jd tetangga baru saya hahahahahahaha
weleh, banyak ceweknya ya?
infonya sih gitu, bakal banyak cewe nya buat yg baru dari warga sekitar…
weleh warga sekitar, paling lulusan smk terdekat
Karawang pastinya…. tapi entahlah, semoga saja ga jd ajang pemungutan liar diluar saat mau masuk kerja dsana,
Mau tau apa bedanya Ban Bias vs Ban Radial pada ban bus penumpang?
http://stephenlangitan.com/archives/87086
halte ngarep pabrik Honda Kelapa Gading . . .
penuh kenangan….
huhuuuiiii…..
Mantab artikel sejarahnya
http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/21/kawasaki-z250-di-musim-hujan-spakbor-belakang-nvl/
bllaaarrrrr……bllaaarrrrr….
wer wer wer
Hahahaahahahaha…… 😀
Tozzz dulu
joss
Nyoozzzzzz…….. 🙂
wer wer wer
Kwoorrrr……kwoooorrrrrr…..kwwoooorrrrrrrrr………
bletak duor
Grouung……. Grrroong….. Duoorrrr……Dug…..duug…….duuggg……
[…] sejarah-honda-cb […]
[…] sejarah-honda-cb […]
[…] sejarah-honda-cb […]
[…] sejarah-honda-cb […]
[…] sejarah-honda-cb […]
[…] sejarah-honda-cb […]
[…] sejarah-honda-cb […]
[…] sejarah-honda-cb […]