Seputar Suzuki Spin February 25, 2014
Posted by orong-orong in Suzuki.
Tags: all about suzuki spin, harga suzuki spin, info suzuki spin, jual suzuki spin, modifikasi suzuki spin, permasalahan suzuki spin, spesifikasi suzuki spin
trackback
OrongOrong.com
Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Motor suzuki spin di indonesia memang tidak banyak beredar di indonesia, namun ya tetep ada yang punya khusus bagi pecinta suzuki. Nah motor itu kan tak mungkin sempurna, pasti ada juga masalahnya entah itu besar maupun cuma kecil.
Nah ini ada pencerahan dari tanya jawab antara pemakai suzuki spin 125 dengan seorang ahli mekanik di suzuki dan pembicaraanya sebagai berikut ;
Saya pemilik Suzuki Spin 125SR tahun pembuatan 2007. Saya ingin tahu lebih jauh mengenai skuter matik yang diproduksi Suzuki ini. Yang saya ingin tanyakan adalah:|
|
01. |
Apakah Suzuki berencana untuk memproduksi pelumas/oli khusus skuter matik? |
02. |
Jika melihat pada buku manual bahwa kapasitas oli mesin adalah 1.000 ml, sedangkan oli yang ada di pasaran hanya berukuran 800-900 ml per botol. Apakah tetap diisi sesuai buku manual atau bagaimana? |
03. |
Pada buku manual juga disebutkan oli reduksi roda gigi. Untuk mengganti oli gear ini, lubang pembuangan dan pengisian, posisinya ada di mana? Apakah bisa diganti dengan oli mesin? |
04. |
Saya sempat terganggu dengan kondisi motor saya. Saat saya memutar gas, mestinya Spin bergerak secara perlahan. Tapi yang saya rasakan justru Spin seakan mau melompat, layaknya mengendarai motor manual. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya? Padahal sebelumnya hal ini tidak pernah saya rasakan |
05. |
Apakah dealer resmi Suzuki mempunyai fasilitas tukar tambah? Karena saya berminat untuk menukar Spin yang saya miliki dengan Suzuki Skywave. |
|
|
|
Demikian pertanyaan dan keluhan saya mengenai Suzuki Spin 125. Mudah-mudahan semua pertanyaan ini tidak akan mempengaruhi penjualan dan produksi Spin. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak terima kasih.
Salam Tris
http://trismedia.com |
|
Jawaban :
Yth Bpk. Tris
Terima kasih banyak atas kontak bapak melalui website http://www.suzuki.co.id Menjawab pertanyaan anda, dapat kami sampaikan sebagai berikut : |
01. |
Untuk oli pelumas khusus tipe matik, kami belum mendapat informasi secara resmi dari bagian terkait. |
02. |
Kapasitas oli mesin: |
|
|
Penggantian tanpa filter : 950 ml |
|
Penggantian berikut filter :1.050 ml |
|
Pembongkaran overhoul : 1.100ml |
|
|
Dianjurkan untuk menggunakan oli pelumas sesuai spesifkasi dan kapasitas yang sudah direkomendasikan. Untuk spesifkasi oli pelumas yaitu SAE 20W-50 dengan klasifkasi API service SF/SG. Pengisian oli tidak sesuai dengan ketentuan, dapat menimbulkan efek yang kurang baik terhadap kinerja mesin.
Jika pengisian oli kurang dari yang seharusnya, maka pelumasan jadi tidak maksimal serta dapat mempercepat keausan pada komponen mesin yang saling bersinggungan. Disamping itu, pergantian oli akan lebih cepat dari jadwal yang telah direkomendasikan, yaitu setiap 2.500 km atau 3 bulan pemakaian, mengingat kapasiats oli berkurang karena proses penguapan. |
|
|
03. |
Oli gear reduksi letaknya di sebelah kiri bagian CVT, tepat dibawah dudukan shock absorber. Spesi?kasi oli yang digunakan adalah SAE 20W-50 multi grade, untuk saat ini sama dengan oli pelumas mesin. |
04. |
Putaran mesin saat idle/langsam, berputar pada 1.600 rpm untuk Spin 125. Saat putaran idle, tenaga putar mesin belum mampu untuk menggerakan roda. Jadi saat putaran idle/langsam, kendaraan akan diam. Tenaga putar mesin mulai disalurkan untuk menggerakan roda pada 1.800 rpm.
Timbulnya hentakan/loncat, bisa disebabkan oleh kotornya pada sistem CVT, yaitu terjadinya slip pada kopling sentrifugal dengan roller. Untuk mengatasi gejala tersebut, kami sarankan untuk membawanya ke BeReS, untuk memeriksa pada bagian-bagian tadi. |
05. |
Untuk saat ini kami belum dapat informasi mengenai tukar tambah dengan unit baru. Coba anda hubungi PT. Indojakarta Motor Gemilang (Suzuki Sunter), No. Tlp: 021-6520220. Disana ada penjualan Suzuki MBB (Motor Bekas Bergaransi). |
|
|
|
Demikian kami sampaikan.
|
Bagaimana gan, semoga berguna bagi yang mempunyai suzuki spin di tanah air ini, ini diambil dari web site suzuki indonesia. silahkan di seruduk
salam kebo putih
Baca juga sob ;
Like this:
Like Loading...
Related
nice info gan..
Opini : Yamaha ngga akan berani masukin SZR 150!
https://rezaholic.wordpress.com/2014/02/24/yimm-ngga-akan-berani-masukin-sz-r-150/
125 jos
Baru tau ada suzuki mbb
G kuat aku rek…….kro salese
http://aripitstop.com/2014/02/25/galeri-yamaha-fz150i-new-vixion-vietnam-ada-undercowlnya-keren-bro/
kuatkan imanmu nak, wkwkwk
Kempling….mbake 😀
njuoos
sebelum discontinue, penjualan spin masih bagus..apalagi dia adalah pelopor matik 125 cc dikelasnya.. saat beat dan mio masih berkutat di 110 cc..
http://agoey.wordpress.com/2014/02/25/nih-dia-keluarga-android-x-nokia/
betul gan
wow..pink..
nitip ya om..
🙂
http://hulssay.com/2014/02/25/fashion-asia-pria/
silahkan
oooo…ngunu…
http://bakulkangkungjpr1.com/2014/02/25/ketika-balap-sport-150-cc-mulai-bergulirkawasaki-piye-akankah-nuncul-ninnjarr-150-bermesin-klx150/
nggih mbah
Motor unyu-unyu… 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/02/24/pencurian-motor-di-kantor-bale-kota-tasikmalaya-terekam-cctv/
keren
Saya sendiri kapok piara spin… 🙂 rem ga pakem solusi pake kampas rx king dimodif, cvt menghentak2 ganti kampas kopling dan mangkoknya ounya hayate… harga nggilani dan kudu inden. Lampu ga seterang skutik lain. Tapi biar dipake sampe jebol… lah harganya murah waktu beli bekasnya … 🙂
beli bekasnya saja, wah thks masukanya kang
wah, aku gak iso bantu ki. gak punya sijuki
http://ferboesrichardson.wordpress.com/2014/02/25/inspirasi-kolam-minimalis/
beli dulu
Kurang suka motor matic
woh laki sejati
aku mau isuk di salip spin banter tenan
cen banter tanan kok
wah, bapakku rider suzuki spin dari tahun 2006 mas
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/02/25/bertemu-dan-konvoi-dengan-benneli-tnt-899-3-silindernya-menggoda/
gak ada masalah kan?
matic ini putaran bawah beraat tapi begitu top speed woww juoosss yg lain ngowoss!!!
mosok? aku belum pernah jajal jee
wah, aku dulu sempet pgn ni matic, tp gk dibolehin sma ortu, . . .
pdhal cakep ni tampilanya, tp ortu gk mau krna brand S ini ktanya sparepartnya mahal . . .
http://arrayprojects.wordpress.com/2014/02/25/tnkb-kocak-artinya-menjurus-nyeleneh/
waduh sayang sekali
Jadinya nebus si bebek wek wek Supra. . . .
Tp gpp. Yg pnting kn fungsinya . . .
Hehe . . .
siiiiiip dah kalau begitu
katanya kan. aslinya lebih murah.
kopling ganda tornado GS cuma 300rb, F1ZR 400rb.
kampas kopling nya emang mahal, kalo ori japan bisa 350rb. tapi ya itu, kampas ori japan gw aja masih tebal ketika di bongkar…
CMIIW
emang sparepart suzuki awet gan
yups…
pas di bongkar masih tebal itu kampas kopling, yang kemakan mangkok kopling ganda nya. kalo kopling ganda assy nya masih bagus.
CDI, Koil, Kiprok masih bagus. cuma agak sedih juga karena Suzuki lebih milih R4 dari pada R2 nya.
Pengen Shogun SP padahal…
😦
iya tuh, lebih berpihak sama R4. ane juga pernah nyemplak sp 4 tahun, encess tenan bro sampai sekarang masih awet mesinnya tidak ada masalah. hebat juga nich mesin sp
alesan gw pengen SP karena motor tua (dulu masih std) gw di hajar di trek panjang MM2100. kekx itu SP udah korekan, ke salip di 800m. dari situ aja kliatan mana motor berpotensi dan yang enggak.
Shogun SP lebih joss dari pada Supra or Athlete. kalo Shogun yang gw coba Shogun R 125. gw gak ngecek top speed tapi pas di tanjakan by pass kranji gw masih dapet 80kpj n masih nambah + body gak goyang dombret kek si tua tornado.
ck ck ck…
emang untuk kecepatan tinggi sp gak goyang seperti supra
makanya dari sisi produk gw suka Suzuki. tapi ketersediaan sparepart gw lebih condong ke Yamaha. ada yang pesan part RX King/F1ZR aja di terima n di usulkan ke YIMM.
kalo Suzuki disuruh mesen sendiri ke pabriknya…
pengen seh tapi gw waktunya gak ada buat ke pabrik nya.
weks!!!
ane juga nunggu hayate Z fi namun mendengar berita dari kang iwan jadi luluh lantah
iya
padahal bisa membantu R4 kan…
katanya sparepart Suzuki mahal, tapi yang mahal apanya dulu? kalo body part mah 11-12. di motor tua gw salah satu part yang emang mahal cuma 1…
pompa oli samping yang harganya bisa 1jt an…
weks!!!
kalo yang laen nya sama aja, dari kruk as etc 11-12 ama sebelah nya.
waduh baru tahu ane ada yang semahal itu
soalnya udah gak di produksi. kalo udah rusak ya di campur, pompa nya asli mahal. kalo gak nyari yang jual tornado, ambil pompa nya. biasa… kanibal…
iya juga ya, harus dikanibal
dulu harga pompanya paling 300rb an, sekarang udah 1 jt an. gila bener!!!
makanya gw bawa si tua eman2… males ngebut2nya. motor tua…
😆
hiks, kudu lebih bersabar gan
mbak e cakep-cakep
beli yuk
bisa kredit ngak 🙂
bisa-bisa pakai kartu kredit. wawan aja bisa
wkwkwkwk 😀
lagi bingung sipinah milik istri saya enggak mau diajak berlari lagi
65 kpj paling tinggi larinya, dulu awal-awal beli enggak begitu, ada apa ya??
http://yudha79.wordpress.com/2014/02/24/bikin-ninja-2tak-makin-irit-bensin-2/
woh haruskah turun mesin?
semoga jangan,,,,
ujung bulan neee,,,,,
mendingan uangnya beli mie sedap”Baso”
hehehee
Wkwkwk tanggung bulan
Saran, utk masalah menghentak2, ganti kampas hayate 287ribu+mangkoknya 113ribu. klo kampas hayate mahal, bisa pake kampas pantekan 150-170ribu. Dijamin ilang tuh masalah.
http://polenkmerkesenk.wordpress.com/2014/02/21/harga-body-parts-skywave-125/
woh keren, suwun masukanya suhu
wow… alussssssssss mbaknya………..
mau?
MAU NANYA : SHOCK APA YANG LEMBUT UNTUK SPIN 125 (SHOCK BELAKANG). MKS
Untuk shock apa saja bisa empuk, kan bisa di setel mau empuk apa keras. Yss juga bagus tuh
permisi, kalo akinya d ganti pke semi kering bisa gak ya? makasih
permisi saya mau tanya …. suzuki spin susah langsam/stasioner … habis di gas , gas nya gag mau turun , turunnya agak lama ,, kira kira apa nya yg brmaslah
[…] seputar-suzuki-spin […]
[…] seputar-suzuki-spin […]
[…] seputar-suzuki-spin […]