jump to navigation

Fungsi Punuk Pada baju balap December 9, 2013

Posted by orong-orong in Uncategorized.
trackback

p2r-fu-baju-balaphonda-1

Pernahkah anda berpikiran tentang bentuk baju balap pada kejuaraan balap motogp? Menurut ane dulu sich paling tempat minum dan untuk proteksi bagian punggung saja. namun dari penjelasan berbeda dari FP motogp lovers seperti ini gan ;

Bayangkan bagaimana rasanya memakai baju balap berbahan kulit tebal di Sirkuit yang suhu di lintasannya bisa mencapai 50 derajat celcius? Panas pastinya, karena alasan itulah baju balap kemudian ikut berevolusi sebagaimana halnya teknologi di MotoGP.evolusi yang terjadi di baju balap itu terkait kenyamanan pembalap saat menjalani balapan. Untuk mengurangi panas, maka dibuatlah baju balap yang dilengkapi radiator alias berpendingin air.

Sistem kerjanya memang mirip dengan radiator pada motor atau mobil, yakni memompa air mengelilingi ruang silinder demi menyerap panas dan kemudian didinginkan oleh kisi-kisi radiator yang terkena angin.

Nah, untuk baju balap MotoGP, pemompa air yang berfungsi sebagai pendingan itu terletak pada bagian punggung. Pompa tersebut juga berfungsi menurunkan suhu air agar kembali dingin saat mengelilingi tubuh pembalap.

Selang yang nantinya akan dipenuhi air sebagai pendingn itu tak berada di baju balap. Sebelum menjalani race setiap pembalap menggunakan rompi khusus, di rompi tersebutlah selang-selang berisi air itu berada. Nantinya selang tersebut dihubungkan dengan pompa yang berada di bagian belakang baju balap.

Selain berisi pompa mini yang berfungsi sebagai pengalir air, “punuk” juga berisi air minum buat pembalap. Bekal minum tersebut terhubung dengan helm agar sang rider dengan mudah mengkonsumsi air minum tersebut.

Nah seperti itulah kira-kira fungsi punuk baju balap pada pembalap motogp.

6141201_20131209114457

salam kebo putih

Comments»

1. Ferboes Richardson - December 9, 2013

Pertamax

Ferboes Richardson - December 9, 2013
2. Ferboes Richardson - December 9, 2013

Keduax

3. Ferboes Richardson - December 9, 2013

Ketiax

orong-orong - December 9, 2013

weleh diborong

Ferboes Richardson - December 9, 2013

Entek kabeh :mrgreen:

4. Ferboes Richardson - December 9, 2013
5. adhyg13 - December 9, 2013
orong-orong - December 9, 2013

bikin apa?

adhyg13 - December 9, 2013

bikin punuk,wkwkwk

orong-orong - December 9, 2013

weleh kayak unta saja

6. belalangmerah - December 9, 2013
orong-orong - December 9, 2013

iku air bag

7. danisubject - December 9, 2013

kalo di bagian *maaf pantat itu apa . ada tulisan air bag penasaran cara kerja nya .

orong-orong - December 9, 2013

pasti ada airbagnya di seluruh bagian gan. mungkin disitu lebih tebal karena bagian yang langsung kena aspal sewaktu jatuh

8. belalangmerah - December 9, 2013

lah kirain sumber mata air wkwkwkwk

orong-orong - December 9, 2013

emang gan, air minum juga dari situ

belalangmerah - December 9, 2013

xixixixixi

9. Karis - December 9, 2013

Wah…suka bgt nih liat wajah cewek ini, siapa ya namanya?

orong-orong - December 9, 2013

heleh, etok2 ra ngerti padahal apal

Karis - December 9, 2013

Wakakakakak

Mas Sayur - December 9, 2013

jiaaah…Pak guru..itu cewek kan anaknya Bapake,to…? 😉

orong-orong - December 9, 2013

pura2 tidak tahu dia. wkwkwk

Karis - December 9, 2013

Huahahaahah….yo mesti

10. Mas Sayur - December 9, 2013
orong-orong - December 9, 2013

beda dikit

Mas Sayur - December 9, 2013

wekekekek… berarti fungsinya samadg punuk unta… cadangan air :mrgreen:

orong-orong - December 9, 2013

betul, sumber air minum

11. ari - December 9, 2013

pasti ademm

orong-orong - December 10, 2013

nyuuuuus

12. yudha depp - December 9, 2013

entah benar entah tidak, pembalap pake Pampers juga yaaa
kan enggak mungkin kalau kebelet pipis berhenti dulu
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/12/yamaha-r25-menghempaskan-cbr250r.html?m=1

orong-orong - December 10, 2013

kalau mencret gimana ya? wkwkwk

13. Duinnn - December 9, 2013

Menyejukkan

orong-orong - December 10, 2013

nyuuuuuuuuuus

14. Mase - December 9, 2013

wuih kadek devi
ane baru tau..kirain protektor leher

orong-orong - December 10, 2013

ane kira juga gitu dulu

Mase - December 10, 2013

Sekarang sdh tau…

orong-orong - December 10, 2013

berkat pak guru

15. ochimkediri - December 9, 2013

wuooo begono clitanya.. 😀 😀

orong-orong - December 10, 2013

katanya sich

16. cicak kreatip.com - December 9, 2013

ooooooo gtu 😀

orong-orong - December 10, 2013

yuph

17. mas huda - December 9, 2013

Berarti g salah kalo itu tempat aer ha ha ha 😀

orong-orong - December 10, 2013

iya, bak air

18. monkeymotoblog - December 9, 2013
orong-orong - December 10, 2013

waduh kenal nich

19. RPMspeed - December 10, 2013

aku kira buat nyimpan makanan 😀 😀
http://rpmsuper.wordpress.com

orong-orong - December 10, 2013

meja makan ya

20. ipanase - December 10, 2013

lha wadah ngombene?
wah punuk wadah sensor2, airbags, trus men kepala ora sejajar tanah, dll, the power of punuk

orong-orong - December 11, 2013

adah ngombene di deleh stang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: