Advertisements
jump to navigation

Kewajiban seorang suami November 15, 2013

Posted by orong-orong in Uncategorized.
trackback

suami-soleh-dan-isteri-solehah

Hai bro and sis sekalian, kita hidup didunia ini diciptakan dalam bentuk berpasang-pasangan. Ada suami pasti ada istrinya, Suatu keluarga bisa dikatakan bahagia apabila hak dan kewajiban didalam rumah tangganya sesuai. Nah apa saja kewajiban dari seorang suami? ini dia ;

1. Allah Taala berfirman, yang bermaksud:

“Dan gaulilah mereka (isteri-isterimu) dengan cara sebaik-baiknya.” (An Nisa 19)

 2. Dan Allah berfirman lagi:

‘Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajiban menurut cara yang baik akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan atas isterinya.” (Al Baqarah : 228)

 3. Diceritakan dari Nabi SAW bahwa baginda bersabda pada waktu haji widak (perpisahan) setelah baginda memuji Allah dan menyanjung-Nya serta menasehati para hadirin yang maksudnya:

‘Ingatlah (hai kaumku), terimalah pesanku untuk berbuat baik kepada para isteri, isteri-isteri itu hanyalah dapat diumpamakan tawanan yang berada di sampingmu, kamu tidak dapat memiliki apa-apa dari mereka selain berbuat baik, kecuali kalau isteri-isteri itu melakukan perbuatan yang keji yang jelas (membangkang atau tidak taat) maka tinggalkanlah mereka sendirian di tempat tidur dan pukullah mereka dengan pukulan yang tidak melukai. Kalau isteri-isteri itu taat kepadamu maka janganlah kamu mencari jalan untuk menyusahkan mereka.

Ingatlah! Sesungguhnya kamu mempunyai kewajiban terhadap isteri-isterimu dan sesungguhnya isteri-isterimu itu mempunyai kewajiban-kewajiban terhadap dirimu. Kemudian kewajiban isteri-isteri terhadap dirimu ialah mereka tidak boleh mengijinkan masuk ke rumahmu orang yang kamu benci. Ingatlah! Kewajiban terhadap mereka ialah bahwa kamu melayani mereka dengan baik dalam soal pakaian dan makanan mereka.

(Riwayat Tarmizi dan Ibnu Majah)

 4. Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud:

“Kewajiban seorang suami terhadap isterinya ialah suami harus memberi makan kepadanya jika ia makan dan memberi pakaian kepadanya jika ia berpakaian dan tidak boleh memukul mukanya dan tidak boleh memperolokkan dia dan juga tidak boleh meninggalkannya kecuali dalam tempat tidur (ketika isteri membangkang).” (Riwayat Abu Daud)

 5. Nabi SAW bersabda yang bermaksud:

“Siapa saja seorang laki-laki yang menikahi perempuan dengan mas kawin sedikit atau banyak sedangkan dalam hatinya ia berniat untuk tidak memberikan hak perempuan tersebut (mas kawinnya) kepadanya. maka ia telah menipunya, kemudian jika ia meninggal dunia, sedang ia belum memberi hak perempuan tadi kepadanya maka ia akan menjumpai Allah pada hari Kiamat nanti dalam keadaan berzina.”

 6. Nabi SAW bersabda yang bermaksud

“Sesungguhnya yang termasuk golongan mukmin yang paling sempurna imannya ialah mereka yang baik budi pekertinya dan mereka yang lebih halus dalam mempergauli keluarganya (isteri anak-anak dan kaum kerabatnya). “

 7. Nabi SAW bersabda yang bermaksud :

“Orang-orang yang terbaik dari kamu sekalian ialah mereka yang lebih baik dari kamu dalam mempergauli keluarganya dan saya adalah orang yang terbaik dari kamu sekalian dalam mempergauli keluargaku.” (Riwayat lbnu Asakir)

 8. Diceritakan dari Nabi SAW bahwa baginda bersabda yang bermaksud:

“Barang siapa yang sabar atas budi pekerti isterinya yang buruk, maka Allah memberinya pahala sama dengan pahala yang diberikan kepada Nabi Ayub a.s karena sabar atas cobaan-Nya.” ( Cobaan ke atas Nabi Ayub ada empat hal: Habis harta bendanya., Meninggal dunia semua anaknya., Hancur badannya., Dijauhi oleh manusia kecuali isterinya benama Rahmah )

 ” Dan seorang isteri yang sabar atas budi pekerti suaminya yang buruk akan diberi oleh Allah pahala sama dengan pahala Asiah isteri Firaun”.

 9. Al Habib Abdullah Al Haddad berkata:

“seorang laki-laki yang sempurna adalah dia yang mempermudah dalam kewajiban-kewajiban kepadanya dan tidak mempermudah dalam kewajiban-kewajibannya kepada Allah. Dan seorang laki-laki yang kurang ialah dia yang bersifat sebaliknya.”

 Maksud dan penjelasan ini ialah seorang suami yang bersikap sudi memaafkan jika isterinya tidak menghias dirinya dan tidak melayaninya dengan sempurna dan lain-lain tetapi ia bersikap tegas jika isterinya tidak melakukan sholat atau puasa dan lain-lain, itulah suami yang sempurna. Dan seorang suami yang bersikap keras jika isterinya tidak menghias dirinya atau tidak melayaninya dengan sempurna dan lain-lain tetapi bersikap acuh tak acuh (dingin) jika isteri meninggalkan kewajiban-kewajiban kepada Allah seperti sholat, puasa dan lain-lain, dia seorang suami yang kurang.Dianjurkan bagi seorang suami memperhatikan isterinya (dan mengingatkannya dengan nada yang lembut/halus) dan menafkahinya sesuai kemampuannya dan berlaku tabah (jika disakiti oleh isterinya) dan bersikap halus kepadanya dan mengarahkannya ke jalan yang baik dan mengajamya hukum-hukum agama yang perlu diketahui olehnya seperti bersuci, haid dan ibadah-ibadah yang wajib atau yang sunat.

 10. Allah Taala berfirman yang bermaksud:

‘Hai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu dan ahli keluargamu dari api Neraka.” (At Tahrim : 6)

 Ibnu Abbas berkata:

“Berilah pengetahuan agama kepada mereka dan berilah pelajaran budi pekerti yang bagus kepada mereka.”

Dan Ibnu Umar dari Nabi SAW bahwa baginda bersabda: ‘Tiap-tiap kamu adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang imam yang memimpin manusia adalah pemimpin dan ia bertanggung jawab at,is rakyatnya. Seorang suami adalah pemimpin dalam mengurusi ahli keluarganya. Ia bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang isteri adalah pemimpin dalam rumah tangganya dan bertanggung jawab alas keluarganya. Seorang hamba adalah pemimpin dalam mengurus harta tuannya, ia bertanggung jawab atas peliharaannya. Seorang laki-laki itu adalah pemimpin dalam mengurusi harta ayahnya, ia bertanggung jawab atas peliharaannya. Jadi setiap kamu sekalian adalah pemimpin dan setiap kamu harus bertanggung jawab alas yang dipimpinnya.” (Muttafaq ‘alai )

 11. Nabi SAW bersabda yang bermaksud: “Takutlah kepada Allah dalam memimpin isteri-istrimu , karena sesungguhnya mereka adalah amanah yang berada disampingmu, barangsiapa tidak memerintahkan sholat kepada isterinya dan tidak mengajarkan agama kepadanya, maka ia telah berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya.”

 12. Allah Taala berfirman yang bermaksud:

“Perintahkanlah keluargamu agar melakukan sholat.” (Thaha:132)

Diceritakan dan Nabi SAW bahwa baginda bersabda yang bermaksud: “Tidak ada seseorang yang menjumpai Allah swt dengan membawa dosa yang lebih besar daripada seorang suami yang tidak sanggup mendidik keluarganya.”

 KESIMPULAN TANGGUNG JAWAB SUAMI

1. Menjadi pemimpin anak isteri di dalam rumah tangga.

 2. Mengajarkan ilmu fardhu ‘ain (wajib) kepada anak isteri yaitu ilmu tauhid, fiqih dan tasawuf.

 Ilmu tauhiddiajarkan supaya aqidahnya sesuai dengan aqidah Ahli Sunnah wal Jamaah.

 Ilmu fiqih diajarkan supaya segala ibadahnya sesuai dengan kehendak agama.

 Ilmu tasawuf diajarkan supaya mereka ikhlas dalam beramal dan dapat menjaga segala amalannya daripada dirusakkan oleh rasa riya’ (pamer), bangga, menunjuk-nunjuk orang lain dan lain-lain.

 3. Memberi makan, minum, pakaian dan tempat tinggal dari uang dan usaha yang halal.

 Ada ulama berkata:

‘Sekali memberi pakaian anak isteri yang menyukakan hati mereka dan halal maka suami mendapat pahala selama 70 tahun.”

 4. Tidak menzalimi anak isteri yaitu dengan:

-Memberikan pendidikan agama yang sempurna.

-Memberikan nafkah lahir dan batin secukupnya.

-Memberi nasihat serta menegur dan memberi panduan/ petunjuk jika melakukan maksiat atau kesalahan.

-Apabila memukul jangan sampai melukakan (melampaui batas).

-Memberi nasihat jika isteri gemar bergunjing/bergosip, mengomel serta melakukan sesuatu yang bertentangan dengan perintah agama.

-Melayani isteri dengan sebaik-baik pergaulan.

-Berbicara dengan isteri dengan lemah-lembut.

-Memaafkan keterlanjurannya tetapi sangat memperhatikan kesesuaian tingkah lakunya dengan syariat.

-Kurangkan perdebatan.

-Memelihara harga diri / kehormatan mereka.

sumber ; https://www.facebook.com/notes/kata-kata-hikmah/kewajiban-suami-kepada-isterinya/10151319071560849

semoga berguna

suami-istri

salam kebo putih

Advertisements

Comments»

1. potretbikers - November 15, 2013

Setujuuuuu

orong-orong - November 15, 2013

siiiiiiiiip

Mas Sayur - November 15, 2013

santapan rohani…

orong-orong - November 15, 2013

biar adem

2. Duinnn - November 15, 2013

Dapat podium gak? bermaksud?
Belum jadi suami, tapi kata pak taufik dikunyah-kunyah dulu, sambil clingak-clinguk mencari pict istri solehah.

orong-orong - November 15, 2013

woh iya

3. paman sam - November 15, 2013

Amin Yaa Rabbal Aalamiin… Smoga Allah menjadikan kita suami yg saleh dan menjadi imam yg baik untuk istri… Smoga kita menjadi ayah yg baik yg bisa menjaga,merawat,mendidik anak dan istri…. Amin… 🙂

Yuuuck ngeteh dlu ma bakwan jagung neh.. Enyak loh xixixi

orong-orong - November 15, 2013

asyiiiiiiiiiik

4. komunitashondamegaprokebumen - November 15, 2013

tapi kenapa ya perusahaan banyak memilih karyawan perempuan, contoh pabrik rokok, pabrik teh, jamu, aku pernah ke gudang garam……banyak perempuannya. akhirnya yang laki-laki peluang kerjanya kecil. http://komunitashondamegaprokebumen.wordpress.com/2013/11/14/beban-berlebih-akibatnya-seperti-ini/

orong-orong - November 15, 2013

wah kurang tahu ane gan, mungkin bawah ane tahu

5. fncounter - November 15, 2013

mantab… menjelang jum’atan 🙂

orong-orong - November 15, 2013

sekali2 ngaji kang

fncounter - November 15, 2013

memang perlu kang…. berdakwah meski hanya satu ayat…. semoga kita semua bisa menjadi khalifah untuk diri sendiri dan orang lain…..

orong-orong - November 15, 2013

Amiiiiiiiiiiin

6. kimcil balap - November 15, 2013

komunitashondamegaprokebumen
November 15th, 2013 at 9:13 am
0 0 Rate This
tapi kenapa ya perusahaan banyak
memilih karyawan perempuan, contoh
pabrik rokok, pabrik teh, jamu, aku
pernah ke gudang garam……banyak
perempuannya. akhirnya yang laki-laki
peluang kerjanya kecil.

*******************************

Karena wanita lebih cekatan dan teliti dalam bekerja, contoh saya dulu pernah bekerja di salah satu vendor yamaha, mayoritas QC perempuan, awal pertama bekerja juga heran kok bagian QC mayoritas cewek akhirnya senior saya yang lebih dulu bekerja pun menjawab, kalau kamu bagian QC barang rijek kamu lolosin
Kalau dipikir bener juga lha wong saya dulu kalau kerja badan dipabrik pikiran ngapel kemana-mana :mrgreen: ini cuma pendapat saya lho ya…..

orong-orong - November 15, 2013

woh gitu ya, laki2 itu kurang teliti ya kang

7. kimcil balap - November 15, 2013

Tumben artikel hari ini ngak ada hubunganya dengan berita otomotif, wah mesti mau bengi bar sunah rosul 😆

orong-orong - November 15, 2013

nak jum’at pengajian kang

8. kimcil balap - November 15, 2013

Ya ngak juga sich… Tergantung prbadinya masing-masing, kalau pribadiku jelas selengekan makanya kontrak kerja engak diperpanjang, kata mister lama-lama perusahanku bisa bangkrut :mrgreen:

orong-orong - November 15, 2013

wkwkwk, kepribadian orang emang beda2 gan

9. cah Nglegok - November 15, 2013

#jleb

orong-orong - November 15, 2013

weh

10. ari - November 15, 2013

izin nyimak gan….

orong-orong - November 15, 2013

monggo

11. JAFFAR - November 15, 2013

ikut absen kang 🙂

orong-orong - November 17, 2013

monggo

12. maulanaferdinand - November 15, 2013

kewajiban seorang suami adalah menuntun istri ke jalan yang diridhoi Allah & kewajiban seorang istri adalah terus membimbing suami agar terus menuntunnya ke jalan yang diridhoi Allah….. 🙂

orong-orong - November 17, 2013

amiiiiiiin, betul banget gan

13. IronGixx - November 26, 2013

Semoga ane bisa jadi suami yg baik, Aamiin

sebulan lg ane kimpoy gan :beer:

orong-orong - November 26, 2013

amiiiiiiiiiin, woh selamat gan. semoga lancar dan langgeng


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: