Airbag pada motor honda October 27, 2013
Posted by orong-orong in Honda.Tags: airbag motorcycle, cara pasang airbag di sepeda motor, info airbag untuk motor, kelebihan airbag, kelemahan airbag, manfaat airbag, motor airbag, sepeda motor yang pakai airbag, teknologi airbag
trackback
OrongOrong.com
Hai bro and sis sekalian apa kabarnya, Iseng-iseng bikin artikel tentang airbag pada sepeda motor gan. maaf bila terjadi kesalahan dan mohon pencerahannya. Menurut ane baru motor honda saja yang mempunyai airbag pada sepeda motornya. Nah teknology ini apakah bisa diterapkan pada sepeda motor pada umumnya? ane juga belum tahu karena teknologynya terlalu canggih yang banyak sensor-sensor sebagai pirantinya.
Memang sih ini berguna untuk mengurangi cidera parah dari depan. namun tidak bisa menyelamatkan langsung nyawa seperti airbag yang ada di mobil. Nah ini adalah bagian-bagian dari airbag pada motor honda gan ;
Komponen Utama airbag pada sepeda motor
– Modul airbag , berisi airbag dan inflator , diposisikan di depan pengendara .
– ECU Airbag , diposisikan di sebelah kanan modul , menganalisa sinyal dari sensor kecelakaan untuk menentukan apakah atau tidak untuk mengembang airbag .
– Empat sensor kecelakaan yang menempel di kedua sisi garpu depan mendeteksi perubahan dalam percepatan yang disebabkan oleh dampak frontal .
Fungsi dari Komponen Utama ;
· Modul airbag berisi airbag dan airbag inflator .
· Airbag inflator menerima sinyal elektronik dikirimkan oleh airbag ECU memerintahkan untuk melepaskan gas nitrogen untuk mengembang airbag .
· Airbag mulai mengembang , mengerahkan tekanan pada sampul modul airbag , memaksa untuk membuka .
· Ukuran dan bentuk dari airbag , cara di mana dijamin untuk sepeda motor dengan tethers , dan fungsi ventilasi deflasi semua membantu untuk memaksimalkan efektivitas yang sistem menyerap energi kinetik dari pengendara , membantu kontrol kecepatan di mana pengendara mungkin cenderung terlempar ke depan dari sepeda motor , dan dengan demikian mengurangi keparahan cedera akibat benturan dengan kendaraan lain atau dengan jalan .
· Lamanya airbag mengembang , hanya 0.060 * 1seconds .
ECU Airbag
· Airbag ECU terus memonitor data yang diterima dari sensor kecelakaan , dan dengan membandingkan data ini untuk perilaku kendaraan standar , menentukan apakah atau tidak perlu untuk menyebarkan airbag . Data dari setiap sensor dievaluasi secara independen , dan jika bertekad untuk menyimpang dari standar diprogram perilaku kendaraan yang aman dengan tingkat yang telah ditentukan sebelumnya , sinyal elektronik dikirim ke inflator airbag , yang menyebabkan airbag mengembang .
Sensor Kecelakaan
· Sensor kecelakaan yang memantau perubahan percepatan yang melekat pada kaki garpu depan untuk mengoptimalkan kecepatan dan akurasi deteksi dampak depan . Tidak ada perubahan struktur sepeda motor diperlukan . Untuk mengoptimalkan akurasi deteksi tabrakan , satu set 4 sensor diatur – dua di setiap sisi garpu depan .
semoga berguna
keren juga ya airbagnya
salam kebo putih
honda goldwingnya keren om
mahal
yg bilang murah siapa om? 😀
memang, harga tidak pernah bohong
di sini ada yg punya goldwing 1,yg punya org tajir istrinya 3.truknya berjejer2 di parkiran.goldwingnya buat pajangan di depan rumah ckck 😀
woh, orang kayah
kalo om mau ke purwokerto via kebumen pasti lewat depan rumahnya,kelihatan dari luar black goldwingnya sama pameran truk warna orange 😀
wow, difoto aja kang. email ke ane. ntar tak bahas dech. wkwkwk
ga berani om foto,masuk ke rumahnya aja ga berani.pernah sekali dulu masuk ambil nasi kotak,terpana liat goldwingnya ckck.kalo di kota ada yg pake goldwing hitam bisa dipastikan dia itu.
yah dari luar tidak apa2, kalau ditanya kan bloger gitu
dah minder duluan deh om haha.kalo bos bus di sini mainannya trail sama HD
woh gitu, duitnya lebih sich
ada juga yg punya cbr tahun tua,kelihatan bodinya kotak gitu.pernah liat dia mogok di jalan xixi tapi bisa nyala lagi.kalo di gas bunyinya wuunggg wunggg.itu bos jual beli mobil
CBR tua 4 silinder
nsr sp 150 pernah lihat sekali di dealer motor,belum laku2 dulu.entah sekarang.nsr biasa sesekali liat lewat di depan rumah.cuma sebiji itu nsrnya.fxr ga ada,pcx ga ada,tzm ga ada,rgr ada 😀
motor langka namanya
😀
Airbag yang paling bawah, lebih safety…
malahan
Airbag yg bawah bikin gak konsen riding.
malah bahaya tuh
Absen..
http://ferboesrichardson.wordpress.com/2013/10/25/kenapa-yamaha-indonesia-ga-mau-jual-motor-ini/
yo
airbag yang paling bawah keliatanya lebih keren 😀
canggih lagi
iso di pasang nang Tiger po ra..? 😉 #ups…
isoh, ning tangkine pindah ngisor jok
hahaha….nggak sekalian tangkinya taruh di back pack si rider…? 😆
boleh, motor canggih tuh jadinya
kerenn
joss
Paling bawah gambar suzu…
hayah
Double airbags…hehee…
Maksudnya yg 250 bikin 2 silinder khusus indonesia…mimpi keknya hhehehe…yo wis lah…yamaha atau kawasaki aja…fbh cuma bisa melongo aja
http://kobayogas.com/2013/10/26/haruskah-cbr-250-2-silinder/
khusus indonesia saja, yang luar 1 silinder juga laku
leh sing ngisor kui airbag fortuner 😛
lebih safety tuh
safety saat test ride 😆
goldwing pake airbag ya
iya kang
setahu mase air bag pada motor biasanya ada dibagian belakang rider
woh, tetep lebih safet tuh
Hahahhaaaa…. bikin dongkrang naik turun….eh emang motor ada dongkraknya ya…
standart
Standar tengah
standar tengah tuh 2 bukan 1
hadehhhhh….bercabang donk
hiiiiiiiiiiiiiiiii
malah ngeri ya
itu yg plng bawah, bonus kalo beli B-King dpt air bag yg bisa dipindah2 tempatnya tergantung mode riding?
#eh…
wkwkwk
haduhh mas…..bingung mau komentarnya
sudah, komen suka2 saja
Airbag di motor Honda paling cuma ada di motor Honda GOldwing aja kak Bro, atau motor mahal lainnya 😦
kalau untuk motor komuter macam Supra atau CB, airbagnya paling baru jadi fitur standar sekitar 5 tahun lagi 😀
btw, bonusnya keren 😀
wow 5 tahun lagi supra pakai airbag? wajib ditunggu nich
siapa tahu 😀
tanya aja orang AHM 😀
ente kan ODA
opo itu ODA
Orang Dalam AHM
mosok?

yakin?
wani piroo 😀
aq ra coment ah……………
rasahlah, ra penting kanggo kebo. wkwkwk
kalo airbag gitu pa malah dak mental orangnya yah.
kena tekanan airbag …
ya mental sich, tapi mengurangi benturan langsung dari depan
teknologinya seharga cbr pastinya..
cuma teknology, belum kesemuanya
kalo buat rider motor 250cc ke bawah ya pake pelindung yg keras, bukan yg empuk2 kaya airbag. Lebih murah
woh motor murah kok pengen wah
Kalau bicara air bag ramai, apalagi dual airbag :-). honda DN-01 juga pakai, lebih prefer seperti jaket motogp yg dilengkapi airbag, yang jadi pertanyaan kelistrikannya gimana?
wah ane juga belum tahu jaket motogp. mungkin ada baterai kecil
muantep bro air bangnya yang bawah.. berrrrrrrr 😀
double tuh, yang 1 untuk cadangan
kalo airbag nya ky yg di bwah , rasanya penginnya nabrakin diri terusss…
#ehhh
waduh, malahan
AIRBAG FORTUNER……lebih maknyus broooottttt :mrgren: